TIPS CIPTAKAN SUASANA KERJA NYAMAN
Tips Ciptakan Suasana Kerja Nyaman - Lingkungan
kerja atau yang kadang disebut juga dengan kantor adalah rumah kedua bagi para
pekerja. Terlebih lagi di kota-kota besar, akan semakin banyak orang yang
menghabiskan waktunya dikantor karena sebuah tuntutan pekerjaan yang kadang
sulit untuk dihindari.
Ketika
kita mencintai pekerjaan dengan sepenuh hati, kantor ibarat tempat bermain yang
sangat menyenangkan. Semua tugas bisa kita selesaikan bahkan dengan deadline yang sering menghantui setiap harinya. Namun,
sesempurna apapun bekerja, tentu saja menghabiskan waktu selama delapan jam sampai
sepuluh jam per hari di tempat kerja setiap harinya akan membuat siapapun
merasa bosan, jenuh, stres, dan tidak bersemangat. Oleh karena itu, dibutuhkan
suasana kantor yang menyenangkan dan nyaman akan meningkatkan kinerja setiap
karyawan. Hal ini diyakini oleh hampir semua karyawan dimana efek positif akan
dirasakan oleh semua orang di dalam kantor.
Berikut
ada beberapa tips ciptakan suasa kerja nyaman:
Mulailah dengan mengatur tumpukan
kerja dengan cara yang stylish dan
menyingkirkan kertas ekstra
Cara
ini sangat ampuh untuk membuat meja kerja kamu lebih nyaman dan terorganisir.
Sebuah organizer kertas warna-warni, pengikat atau bahkan notebook stylish selalu lebih baik daripada memiliki folder yang
tidak diinginkan di semua tempat. Kenyataan bahwa kamu memiliki meja bersih dan
lebih terorganisir akan membuat senang dan membuat suasana hati yang baik.
Desain ruang kerja seunik mungkin
Mungkin
dari kita sudah tahu bahwa perusahaan penyedia layanan dan produk internet,
Google sekarang sedang banyak melakukan terobosan untuk menciptakan suasana
kerja yang kondusif serta nyaman bagi para karyawannya. Mereka mengkombinasikan
warna-warna cerah, mendesain tempat kerja dengan tema-tema yang berbeda,
memanjakan karyawan dengan berbagai fasilitas pendukung, serta memberikan
banyak furniture atau desain-desain
properti yang unik di dalam kantor Google sehingga semuanya terkesan santai
atau informal.
Tidak
salah jika kita mengikuti apa yang telah dilakukan oleh perusahaan Google,
mendesain ruang kerja seunik mungkin dapat dipercaya mampu menghilangkan kesan
formal saat bekerja. Mendesain ruangan bekerja dapat dilakukan dengan berbagai
cara, misalnya dengan menambahkan wallpaper,
mendesain tata ruang kerja yang lebih santai, dan memilih properti yang
nyaman dan unik.
Hindari bergosip
Bergosip
apalagi menyebarkan kabar burung dengan rekan kerja akan menciptakan suasana
kerja yang kurang nyaman. Kebiasaan membicarakan keburukan rekan kerja di
belakang justru akan memicu perselisihan. Jika kamu memang tidak menyukai
kinerja buruk dari rekan kerjamu cobalah untuk membicarakannya langsung dengan
dia tanpa harus bergosip.
Ciptakan atmosfer yang menyenangkan
dalam kantor
Selalu
ciptakan kehidupan kantor yang menyenangkan yaitu dengan membiasakan kamu untuk
saling bertegur sapa satu dengan yang lain, saling terbuka satu dengan yang
lainnya, menciptakan suasana keakraban dan kekeluargaan. Hal ini akan membuat
kamu sangat nyaman untuk berlama-lama di kantor.
Sesekali bercanda di kantor
Saat
istirahat jam kerja, tidak ada salahnya kamu isi dengan bercanda bersama
orang-orang yang ada disekitar kamu. selama hal itu dilakukan dalam koridor
yang wajar dan tidak mengganggu pekerjaan. Lagi pula, banyak bercanda dan
tertawa bisa menghilangkan beban pikiran, meningkatkan hubungan kerja, membuat
badan dan pikiran jadi segar.
Isi waktu luang dengan hal yang
bermanfaat
Jam
istirahat jangan dihabiskan untuk hal yang tidak penting, seperi nongkrong di
tempat makan. Isi waktu senggang di kantor dengan hal-hal yang dapat mendukung
pekerjaan kamu, seperti tidur siang, bertukar pikiran dengan rekan kerja, dan
merintis bisnis sampingan.
Menikmati kegiatan kerjka
Untuk
menciptakan suasana tempat kerja yang nyaman, mungkin beberapa solusi berikut
dapat menunjang kegiatan di kantor kamu menjadi lebih fun dan menguntungkan bagi kehidupan pribadi kamu.
Membicarakan masalah kantor
Ada
baiknya kamu tidak mengecam atau menghujat perusahaan di tempat kamu kerja. Meskipun
keadaan kantor sangat buruk namun tidak sepantasnya untuk dijelek-jelekkan.
Jika kamu kurang setuju dengan kebijakan kantor, berdiam diri akan lebih baik
daripada sesumbar untuk memperkeruh suasana. Bersikap profesional akan membantu
kamu menciptakan suasana kantor lebih nyaman.
0 komentar: