Manfaat Donor Darah

00.59 Unknown 0 Comments




Manfaat Donor Darah - Darah adalah salah bagian tubuh yang mendapat perhatian lebih dari kehidupan manusia. Demikian lebihnya perhatian tersebut, seringkali dihubungkan dengan berbagai hal yang sebenarnya tidak ada dalam fungsi darah itu sendiri. Contohnya ungkapan yang sering kita dengar seperti ‘darah biru’, ‘darah muda’, dan ‘darah daging’. Hal ini menunjukkan betapa tingginya nilai darah tersebut dalam kehidupan manusia.

Manusia sangat bergantung dengan darah. Tanpa darah, organ tubuh tidak bisa mendapatkan oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan untuk bertahan hidup karena darah memiliki fungsi penting sebagai pertahanan tubuh terhadap virus atau bakteri. Jumlah darah yang ada pada tubuh kita adalah sepertigabelas dari berat tubuh orang dewasa atau sekitar 4 sampai 5 liter.

Dengan jumlah ini darah bekerja menjalankan fungsinya sebagai alat pengangkut air, oksigen dan sari makanan lalu menyebarkannya keseluruh tubuh. Apabila kita kehilangan banyak darah, maka kerja organ tubuh tidak akan berjalan bagaimana semestinya. Bahkan jika dibiarkan saja maka akan menyebabkan kematian. Oleh karena itu, saat tubuh kehilangan banyak darah perlu dilakukan transfusi darah atau yang sering kita dengar dengan nama donor darah.

Donor darah dilakukan jika terjadi pendarahan hebat yang diakibatkan karena kecelakaan, keguguran pada ibu hamil, proses persalinan bayi, dan seseorang yang sedang menjalani operasi. Dalam keadaan seperti ini persediaan darah menjadi salah satu faktor penting, bahkan mungkin menjadi yang terpenting untuk menyelamatkan jiwa pasien. Sayangnya, ketersediaan darah di Palang Merah Indonesia (PMI) sering terbatas bahkan terbilang kurang. Jika pasien memerlukan  10 kantung darh untuk donar darah maka berarti darah yang digunakan untuk donor darah berasal dari 10 orang pendonor darah.

Setetes Darah Yang Menyelamatkan Jiwa. Kata-kata ini bukan sekadar basa basi tetapi adalah benar, dengan menjadi pendonor darah, darah kita mungkin telah menyelamatkan jiwa seseorang. Bukankah kita sering melihat dan mendengar betapa paniknya keluarga pasien yang memerlukan donor darah dalam mencari darah atau pendonor untuk menyelamatkan jiwa anggota keluarga mereka. Betapa bahagianya keluarga sang pasien jika akhirnya mereka berhasil mendapatkan darah dan anggota keluarga mereka yang sakit dapat terselamatkan.

Donor darah ternyata bukan hanya pada penerima donor darah tersebut, tetapi pendonor juga memiliki banyak manfaat. Tidak hanya orang yang membutuhkan donor darah saja, tetapi bagi orang yang mendonorkan darahnya banyak manfaat yang diperoleh.
Oleh sebab itu, banyak orang yang selalu rutin mendonorkan darahnya demi menolong orang dan mendapatkan manfaat yang diperoleh. Manfaat mendonorkan darah untuk kesehatan sangat banyak, terutama jika kamu mendonorkan darah secara rutin dan berkala. Berikut ini adalah manfaat donor darah bagi kesehatan kamu:
  1. Menurunkan berat badan
  2. Melindungi jantung
  3. Meningkatkan sel darah merah
  4. Mencegah stroke
  5. Meningkatkan kesehatan psikologis
  6. Memperbarui sel darah baru
  7. Mencegah resiko terkena penyakit langka
Mendonorkan darah mungkin merupakan hal yang sangat berat bagi sebagian besar orang. Banyak orang yang sebetulnya memenuhi syarat berdonor tapi kurang memiliki keberanian atau mungkin malas untuk berdonor. Namun, ada sebagian orang yang memiliki niat kuat untuk berdonor tetapi terhambat karena tidak memenuhi syarat sebagai pendonor. 

Lalu apa sajakah syarat untuk melakukan donor darah?
  1. Umur 17-60  tahun (usia 17 tahun diperbolehkan menjadi pendonor bila mendapat izin tertulis dari orangtua.
  2. Berat badan minimal 45 kg
  3. Tekanan darah baik yaitu sistole = 110 – 160 mmHg, diastole = 70 – 100 mmHg
  4. Temperatur tubuh : 36,6 – 37,5 derjat Celcius
  5. Denyut nadi tertur yaitu sekitr 50-100 kali/menit
  6. Hemoglobin baik pria maupun perempuan minimal 12,5 gram
  7. Bagi penyumbang darah wanita: tidak sedang haid, hamil atau menyusui
  8. Tidak menderita penyakit jantung, hati, paru, ginjal, kencing manis, pendarahan, kejang, kanker, atau penyakit kulit kronis.
Dengan berdonor darah kita dapat menyelamatkan mereka yang membutuhkan tranfusi darah. Dengan berdonor darah, tubuh kita menjadi semakin sehat maka semuapun berbahagia. Bagi konkawan yang ingin hidup sehat mari budayakan donor darah.

0 komentar: