PILIHAN TEPAT SETELAH LULUS SMA

01.37 Unknown 0 Comments


Pilihan Tepat Setelah Lulus SMA - Menentukan tujuan ketika lulus dari Sekolah Menengah Atas (SMA) adalah sebuah keharusan. Hal yang wajar jika banyak orang yang bingung dalam menentukan tujuan seteleh tamat SMA. Dengan menentukan tujuan setalah lulus akan membantu kita agar lebih gampang untuk melihat gambaran tentang apa yang akan kita lakukan kedepannya.

Sumber Gambar : wwww.floresa.com

Beberapa dari mereka mungkin telah mempunyai gambaran mau kemana setelah lulus SMA. Rata-rata akan melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Tetapi ada beberapa orang yang tidak memiliki gambaran dan rencana mau kemana setelah lulus SMA dan bagi mereka yang ingin kuliah tetapi tidak memiliki biaya.

Secara garis besar ada empat alternatif pilihan bagi mereka yang telah lulus dari SMA. Lalu apa sajakah pilihan itu?
Melanjutkan studi ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, yaitu perguruan tinggi.
Merencanakan untuk lanjut studi ke jenjang pendidikan tinggi, yaitu Perguruan Tinggi, diperlukan berbagai timbangan. Salah satu pertimbangan tersebut adalah pengetahuan tentang informasi berbagai jenis jurusan di Perguruan Tinggi antara lain: Universitas, Institut, Sekolah Tinggi dan Akademik serta Politeknik yang masing-masing memiliki karakteristik yang berbeda. Perlunya memperoleh informasi ini agar dapat disesuaikan dengan potensi diri dan faktor penunjang dari lingkungan.

Memasuki kursus-kursus/pelatihan
Seandainya kamu tidak memilih untuk melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi, ada alternative lain yang dapat dipilih untuk meningkatkan life skill dan dapat dijadikan sebagai modal untuk dapat kerja mandiri atau wiraswasta, yaitu dengan memasuki kursus-kursus keterampilan/pelatihan seperti misalnya kursus modeling, salon kecantikan, menjahit, presenter, tata boga, atau yang lainnya.

Memasuki dunia kerja
Kerja merupakan kebutuhan manusia, seseorang bekerja karena adanya sesuatu yang hendak dicapai, dan orang berharap dengan bekerja, maka akan membawa mereka kepada suatu keadaan yang lebih baik dan memuaskan bagi dirinya. Pekerjaan juga merupakan sumber penghasilan dan juga suatu kesempatan mengembangkan diri untuk berbakti. Tidak semua siswa melanjutkan studi ke jenjang pendidikan tinggi, yaitu perguruan tinggi.

Memasuki kehidupan baru, yaitu berkeluarga
Selepas SMA langsung menikah? Ini bukan pilihan yang bijaksana. Untuk memasuki kehidupan baru atau disebut menikah diperlukan kematangan emosi disamping kesiapan fisik dan ekonomi. Menikah terlalu dini menyangkut banyak pihak, terutama terhadap pria dan wanita yang melangsungkan pernikahan dini.
Untuk mempersipakan kematangan emosi disamping kesiapan fisik dan ekonomis, ramaja diberikan kesempatan untuk mengenal kehidupan masyarakat orang dewasa dengan lebih luas dan akan lebih matang dan dewasa dalam memilih dan menggunakan nilai sebagai dasar memilih teman hidup yang dapat bekerja sama sebagai team dalam memasuki kehidupan baru sebuah keluarga.


Pada dasarnya semua keputusan yang diambil akan berdampak pada proses pencapaian impian kita, oleh karena itu pikirkan yang terbaik, beranikan diri untuk melakukan tindakan perubahan yang belum pernah kita lakukan sebelumnya. Tidak ada kata terlambat untuk merubah semuanya, bersikaplah dewasa untuk menentukan keputusan demi karir kita, demi orang tua kita, dan orang-orang di sekeliling kita.

0 komentar: