TIPS MENGHILANGKAN NYERI HAID

00.51 Unknown 0 Comments


Sumber Gambar : www.alodokter.com


Tips Menghilangkan Nyeri Haid-  Setiap bulannya bagi wanita yang telah mengalami masa subur akan megalami siklus menstruasi. Menstruasi bagi wanita menyebabkan nyeri haid yang dalam bahasa medisnya disebut dengan disminore. Nyeri haid sudah hal yang biasa dialami oleh seorang wanita. 

Nyeri haid disebabkan oleh dinding rahim yang berkontraksi sehingga pembuluh darah terjepit dan menyebabkan timbulnya iskemi jaringan. Kontraksi inilah penyebab nyeri haid yang terkadang mengganggu aktivitas karena nyeri yang begitu hebat. Untuk mengurangi nyeri haid, berikut ada beberapa tips menghilangkan nyeri haid.

Meminum Jamu Kunyit Asam

Jamu kunyit asam merupakan jamu tradisional yang sangat efektif dalam mengurangi nyeri haid. Terdiri dari bahan-bahan alami seperti kunyit, jahe, kencur, asam jawa, dan gula merah. Jamu kunyit asam bisa kita temui di toko jamu. Selain itu kita juga bisa membuatnya sendiri dirumah. Siapkan beberapa ruas kuniyit, jahe, dan kencur kemudian parut bahan dan peras, ambil bagian sarinya kemudian rebus bersamaan dengan asam jawa dan gula merah. Rebus hingga mendidih setelah itu angkat dan diamkan beberapa menit. Minum dalam keadaan jamu kunyit asam masih hangat dua kali sehari.

Mengkonsumsi Daun Mint

Banyak yang belum tahu bahwa daun mint bisa menghilangkan nyeri haid. Seduh beberapa helai daun mint dengan teh. Minum 1-2 cangkir dalam sehari maka nyeri haid akan berkurang dan perut merasa nyaman selama menstruasi.

Air Putih

Manfaat air putih bagi kesehatan memang sangat banyak bagi tubuh kita, termasuk untuk menghilangkan nyeri haid. Selama menstruasi, kita dianjurkan untuk banyak minum air putih 8 gelas perhari.

Bawang Putih

Bawang putih memiliki sejuta manfaat bagi kesehatan kita. Bawang putih juga adalah cara ampuh dalam menghilangkan nyeri haid yaitu dengan cara ambil 2 sing bawang putih, kupas kulitnya, dan kemudian kunyah. Setelah itu minum air hangat. 

Bunga Cengkeh

Cengkeh bisa kita gunakan untuk mengobati nyeri haid. Siapkan dua bunga cengkeh, 7 butir ketumbar, kunyit berukuran 2 cm, dan 1 sendok teh parutan biji pala. Semua bahan direbus dengan 1 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Saring airnya dan dimunum hangat-hangat.

Selain cara alami di atas, menghindari minuman berkafein, alkohol, gula, serta minuman bersoda juga dapat mengurangi rasa nyeri haid. Selain itu, selama menstruasi makanlah makanan yang berkalsium tinggi dan makanan yang mengandung zat besi tinggi serta berolahraga secara teratur.



0 komentar: