KALIMANTUNG, PULAU PRIBADI DAN PEMBURU SENJA

23.06 Unknown 0 Comments


Kalimantung, Pulau Pribadi dan Pemburu Senja - Bagi sebagian para pemburu senja, pulau ini menjadi tempat favorit untuk menikmati panorama matahari terbenam yang sangat indah dan eksklusif. Pulau ini bernama Pulau Kalimantung, Kepulauan Mursala, Kabupaten Tapanauli Tengah, Sumatera Utara. Jika dari kota Medan, ditempuh pejalanan hingga 10 jam. Bagi para wisatawan Medan tidak akan menyesal melakukan perjalanan panjang karena keindahan senja yang disuguhkan begitu indah dan pemandangan pulau Kalimantung yang begitu eksotis.



Pulau Kalimantung juga sering disebut wisatawan sebagai pulau pribadi karena pengunjung yang tidak terlalu banyak seperti halnya dengan tempat wisata lainnya yang berada di Sumatera Utara. Alasan kenapa Pulau Kalimantung ini disebut sebagai pulai pribadi karena Pulau Kalimantung merupakan pulau baru ditemukan oleh penduduk sekitar dan dijadikan tujuan wisata yang memiliki biaya liburan yang terbilang tidak murah. Untuk transportasi ke Pulau Kalimantung harus menyewa kapal Rp.1,5juta perhari dan membayar awak kapal yang mengetahui rutenya dengan kapasitas maksimal 20 orang.

Pulau Kalimantung tidak hanya menyuguhkan pemandangan indah di waktu senja saja, pasir putih kecokelatan yang halus dan air laut jernih yang memperlihatkan terumbu karang di dasar laut menjadi salah satu keindahan tersembunyi yang sering dibanggakan oleh Pulau Kalimantung. Area pasirnya terbentang luas dan bersih berkilau. Tidak tampak banyak dahan kayu, patahan kerumbu karang atau sampah.



Apabila dilihat dari sisi pantai, terdapat batu karang cukup besar yang membatasi laut lepas dengan pulau Kalimantung. Jika hendak menikmati sensasi yang berbeda dari pulau ini kita bisa menikmati keindahan lautan lepas dari atas batu karang tersebut. Karena air lautnya yang begitu dangkal kita dapat mengunjungi batu karang tersebut dengan hanya berjalan kaki saja.
Namun, harus berhati-hati jika sudah berada di puncak, karena batuan disana sangat tajam.

Pemandangan dari atas batu karang juga tidak kalah eksotisnya. Tampak pulau-pulau kecil diseberang sana, laut biru yang jernih dan berkilau, serta ombak kecil yang menyapu pasir-pasir halus. Tetapi bagi wisatawan yang datang kesorean tidak akan puas menikmati keindahan pasirnya karena air laut sedang pasang dan pasir dipenuhi air laut. Tapi tetap, air laut yang bening membuat mata menembus pasir yang indah jadi terobati.



Pulau Kalimantung ini juga berbeda dengan pulau yang lainnya karena pulau ini tidak terlalu terik karena ada baru granit tinggi dan aneka jenis pohon yang tumbuh asri di sekitar pulau, sehingga wisatawan yang berkunjung tidak telalu panas.
Pulau ini diperkenalkan oleh Trip Wisata Jelajah Sumatera Utara yang kerap membawa wisatawan untuk merasakan kekayaan alam kepulauan Mursala yang tersembunyi.

Penduduk sekitar lebih mengenal Pulau Kalimantung ini dengan nama Pulau Ketek. Dinamakan Pulau Ketek karena pulaunya terbilang kecil daripada pulau yang ada disekitarnya. Ketek dalam arti ini sebenarnya adalah bahasa ibu dari kota Sibolga yang berarti Kecil.

Jadi konkawan masih mau ke kepulauan Mursala hanya singgah untuk melihat air terjun Mursala? Karena ternyata masih ada puluhan pulau yang masih menyimpan keindahan tersembunyi.

0 komentar: