TIPS CIPTAKAN SUASANA KERJA NYAMAN

00.46 Unknown 0 Comments



Tips Ciptakan Suasana Kerja NyamanLingkungan kerja atau yang kadang disebut juga dengan kantor adalah rumah kedua bagi para pekerja. Terlebih lagi di kota-kota besar, akan semakin banyak orang yang menghabiskan waktunya dikantor karena sebuah tuntutan pekerjaan yang kadang sulit untuk dihindari.

Ketika kita mencintai pekerjaan dengan sepenuh hati, kantor ibarat tempat bermain yang sangat menyenangkan. Semua tugas bisa kita selesaikan bahkan dengan deadline yang sering menghantui setiap harinya. Namun, sesempurna apapun bekerja, tentu saja menghabiskan waktu selama delapan jam sampai sepuluh jam per hari di tempat kerja setiap harinya akan membuat siapapun merasa bosan, jenuh, stres, dan tidak bersemangat. Oleh karena itu, dibutuhkan suasana kantor yang menyenangkan dan nyaman akan meningkatkan kinerja setiap karyawan. Hal ini diyakini oleh hampir semua karyawan dimana efek positif akan dirasakan oleh semua orang di dalam kantor.

Berikut ada beberapa tips ciptakan suasa kerja nyaman
Mulailah dengan mengatur tumpukan kerja dengan cara yang stylish dan menyingkirkan kertas ekstra
Cara ini sangat ampuh untuk membuat meja kerja kamu lebih nyaman dan terorganisir. Sebuah organizer kertas warna-warni, pengikat atau bahkan notebook stylish selalu lebih baik daripada memiliki folder yang tidak diinginkan di semua tempat. Kenyataan bahwa kamu memiliki meja bersih dan lebih terorganisir akan membuat senang dan membuat suasana hati yang baik.

Desain ruang kerja seunik mungkin
Mungkin dari kita sudah tahu bahwa perusahaan penyedia layanan dan produk internet, Google sekarang sedang banyak melakukan terobosan untuk menciptakan suasana kerja yang kondusif serta nyaman bagi para karyawannya. Mereka mengkombinasikan warna-warna cerah, mendesain tempat kerja dengan tema-tema yang berbeda, memanjakan karyawan dengan berbagai fasilitas pendukung, serta memberikan banyak furniture atau desain-desain properti yang unik di dalam kantor Google sehingga semuanya terkesan santai atau informal.

Tidak salah jika kita mengikuti apa yang telah dilakukan oleh perusahaan Google, mendesain ruang kerja seunik mungkin dapat dipercaya mampu menghilangkan kesan formal saat bekerja. Mendesain ruangan bekerja dapat dilakukan dengan berbagai cara, misalnya dengan menambahkan wallpaper, mendesain tata ruang kerja yang lebih santai, dan memilih properti yang nyaman dan unik.

Hindari bergosip
Bergosip apalagi menyebarkan kabar burung dengan rekan kerja akan menciptakan suasana kerja yang kurang nyaman. Kebiasaan membicarakan keburukan rekan kerja di belakang justru akan memicu perselisihan. Jika kamu memang tidak menyukai kinerja buruk dari rekan kerjamu cobalah untuk membicarakannya langsung dengan dia tanpa harus bergosip.

Ciptakan atmosfer yang menyenangkan dalam kantor
Selalu ciptakan kehidupan kantor yang menyenangkan yaitu dengan membiasakan kamu untuk saling bertegur sapa satu dengan yang lain, saling terbuka satu dengan yang lainnya, menciptakan suasana keakraban dan kekeluargaan. Hal ini akan membuat kamu sangat nyaman untuk berlama-lama di kantor.

Sesekali bercanda di kantor
Saat istirahat jam kerja, tidak ada salahnya kamu isi dengan bercanda bersama orang-orang yang ada disekitar kamu. selama hal itu dilakukan dalam koridor yang wajar dan tidak mengganggu pekerjaan. Lagi pula, banyak bercanda dan tertawa bisa menghilangkan beban pikiran, meningkatkan hubungan kerja, membuat badan dan pikiran jadi segar.

Isi waktu luang dengan hal yang bermanfaat
Jam istirahat jangan dihabiskan untuk hal yang tidak penting, seperi nongkrong di tempat makan. Isi waktu senggang di kantor dengan hal-hal yang dapat mendukung pekerjaan kamu, seperti tidur siang, bertukar pikiran dengan rekan kerja, dan merintis bisnis sampingan.

Menikmati kegiatan kerjka
Untuk menciptakan suasana tempat kerja yang nyaman, mungkin beberapa solusi berikut dapat menunjang kegiatan di kantor kamu menjadi lebih fun dan menguntungkan bagi kehidupan pribadi kamu.

Membicarakan masalah kantor
Ada baiknya kamu tidak mengecam atau menghujat perusahaan di tempat kamu kerja. Meskipun keadaan kantor sangat buruk namun tidak sepantasnya untuk dijelek-jelekkan. Jika kamu kurang setuju dengan kebijakan kantor, berdiam diri akan lebih baik daripada sesumbar untuk memperkeruh suasana. Bersikap profesional akan membantu kamu menciptakan suasana kantor lebih nyaman.

0 komentar: